NTP Client Berbasis Mikrokontroler, Menggunakan ESP8266


Halo kawan apa kabar ? ...

Lama sekali saya sudah tidak update catatan catatan di kertas digital media ini. pada kesempatan ini saya mau berbagi sekilas tutorial sejenis IoT yang sifatnya dalam misi ini di bagian waktu.
mungkin akan jadi pertanyaan " Bisa gak gan buat jam digital yang sifatnya langsung menyusuikan dengan sistem internet atau singkron langsung dengan NTP Server seperti yang ter-update otomatis di komputer" 
atau bagi yang belum tau

Apa Itu NTP ?? ?

Network Time Protocol (NTP) adalah sebuah protokol yang digunakan untuk pengsinkronan waktu di dalam sebuah jaringan bisa pada jaringan LAN (Local Area Network) maupun pada jaringan internet dan untuk sinkronisasi jam-jam sistem komputer di atas paket-switching, variabel-latency jaringan data. Proses sinkronisasi ini dilakukan didalam jalur komunikasi data yang biasanya menggunakan protokol komunikasi TCP/IP. Sehingga proses ini sendiri dapat dilihat sebagai proses komunikasi data yang hanya melakukan pertukaran paket-paket data saja. penjelasan NTP lebih lengkap

Pada kesempatan tutorial ini saya bagi bagikan langsung coding nya ni, silakah kawan kawan copas dan testing, dan pastikan kalian sudah siapkan esp-nya disini saya menggunakan wemos mini. teman teman  cukup melakukan uplode sket-nya. dengan memastikan dlu bord dan port-nya ter-arah sesuai kondisi di tempat.

coding : klik disini


NB:
Jika teman teman tidak paham bisa komen
dan juga di share bagi yang membutuhkan hal ini.
semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada kesalahan
ENJOOOYYYYYYYYYYY

Comments