MikroTik Transparent Proxy

Hallo ... apa kabar friends.
alhamdulillah, pada kesempatan ini kita masih sehatan dan sempat untuk selalu lancar melakukan kegiatan-kegiatan seperti biasanya.

pada halaman blog ini saya melakukan seperti biasa, share bareng tentang sekilas jaringan komputer, dimana pada materi ini tentang Mikrotik Transparent Proxy. Dimateri kali ini, siapan tau para friends membutuhkan tips dan trik bagai mana melakukan konfigurasi simple di MikroTik Transparent Proxy dengan menggunakan Virtual Box, tetapi friends juga bisa di elementasikan langsung pada routerboard MikrTik.
Sebelum masuk ke tutorial alangkah baiknya friends untuk tau apa itu proxy dan manfaatnya, disini saya akan menjelaskan sekilas tentang proxy.

Proxy adalah proxy merupakan perangkat yang bersifat “middleman” yang berkerja diantara client dan server, betugas menghadle transmisi request ataupun respon.

Manfaat proxy
Security : mampu melakukan pengecekan terhadap incoming response dan outgoing request, sehingga memungkinkan untuk melakukan block paket yang tidak diharapkan.
Caching : menyimpan sementara data dari internet di storage, sehingga jika client lain yang hendak mengakses data yang sama, cukup mengambil data di cache. Dengan begitu, kita bisa hemat banwidth.
Performance :  pada kondisi tertentu, proxy dapat menurunkan latency beberapa data telah di cache tidak perlu diakses langsung dari internet, cukup di storage proxy yang masih dalam satu jaringan sehingga latency bisa lebih bagus. 

"untuk materi lebih ditailnya di wikipedia dan mikrotik indonesia"

Oke, tidak pelu berlama-lama lagi kita masuk dibagian tutorial konfigrasi MikroTik Transparent Proxy.
Sebelumnya friends lakukan terlebih dahulu konfigurasi basic, jika friends belum tau bagai mana caranya konfigurasi basic bisa kuunjungi halaman saya sebelumnya, seperti IP address, dns, gateway / route, firewall, dan dhcp-server

selanjutnya friends tinggal masuk di bagian terminal mikrotik jika menggunakan routerboard, jika menggnakan virtualbox atau mikrotik OS lakukan konfig seperti di bawah ini :

ip proxy set enabled= yes anonymous=yes port 8080 always-from-cache=yes cache-administrator=sikawarsito.proxy.id cache-on-disk=yes
ip firewall nat add chain=dstnat protocol=tcp dst-port=80,8080,3128 action=redirect to-port=8080 


Jika ada yang ditanyakan silahkan komentar di bawan , okey

Comments

Post a Comment